26 Sept 2012

Cemilan Khas dari Purworejo

Pernah denger kota Purworejo?? Purworejo adalah kota kecil di selatan jawa tengah. Terletak di antara kota Kebumen dan Jogjakarta. Banyak hal unik yang ada di Purworejo khususnya adalah cemilan-cemilan enak nan khas kota itu. Ini ada beberapa jenis cemilan enak nan khas dari Purworejo. Mudah-mudahan dapat dijadikan referensi kuliner nya sobat TERUS MENULIS yaa :)

Keripik Tahu

Seperti namanya, cemilan ini adalah tahu super garing dan gurih berbentuk keripik. Kalo sudah coba satu, dijamin akan ketagihan lagi dan lagi makan cemilan ini. Cocok banget didampingi sama minuman dingin. Dan biasanya bisa dijumpai di pasar kota.

Aneka Jajanan Pasar

Aneka jajanan pasar ini terdiri dari tahu goreng dan bakwan goreng yang rasanya lebih lembut, kenyal dan gurih dibanding dengan tahu dan bakwan goreng biasanya. Kalo sedang berkunjung ke pasar kota Purworejo, jangan lupa menyempatkan diri menyicipi cemilan enak ini.

Geblek atau Binggel

Di foto, letaknya di sebelah kanan. Walaupun namanya sedikit aneh tapi untuk urusan rasa berbeda jauh. Terbuat dari bahan utama sagu. Rasanya sangat gurih dan kenyal mirip seperti cireng. Biasanya di jual per piring dan terdapat tidak hanya pada pasar kota melainkan terdapat juga di pasar-pasar desa. Dan harganya pun sangat murah, sekitar 4 ribu rupiah per piring.

Klanting

Klanting juga cemilan khas. Biasanya berbentuk seperti angka delapan berwarna putih. Rasanya gurih dan garing. Tetapi sekarang sudah dimodifikasi menjadi beraneka rasa seperti rasa pedas dan bawang.


Sengkulun

Di foto, letaknya di sebelah kiri. Ini dia nih jawaranya. Sengkulun itu cemilan termaknyusnya Purworejo. Terbuat dari bahan utama ketan. Rasanya gurih bercampur manis. Cocok banget disandingi dengan minum kopi pahit. Biasanya hanya terdapat di pasar-pasar desa. Harganya lumayan mahal, sekitar 15 ribu per piring kecil.


Nah selain cemilan khas, di Purworejo juga terkenal dengan minuman khasnya.
Ini dia nih minuman khasnya. 
:)

Es Dawet Warna


Ini adalah minuman super segar yang manis. Mirip dengan es cendol di Jakarta. Tetapi es dawet ini lebih manis dan legit karena memakai gula jawa dan bebas dari bahan pengawet. Dijamin segar dan menyehatkan.

Es Dawet Ireng


Ini adalah hasil modifikasi es dawt warna. Dengan warna dawet yang hitam semua. Warna hitam diperoleh dari hasil rendaman jerami yang sudah dibakar terlebih dahulu. Rasa es dawet ireng ini tentunya lebih legit dan gurih. Perpaduan rasa yang sangat maknyuss..

2 comments:

  1. lanting nya paling enak di, nyaam :9

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kapan2 musti cobain yang sengkulun manda. lebih maknyuss. hehe

      Delete