15 Feb 2012

Contoh Proposal Kegiatan

Pagi ini TERUS MENULIS iseng-iseng buka komputer rumah, eh nemu folder yang semua isinya tentang kegiatan keorganisasian waktu dulu di Himpunan Mahasiswa Departemen. Mulai dari bermacam-macam jenis surat, proposal, program kerja, laporan pertanggungjawaban, dan lain-lain. Nah, daripada cuma jadi file-file nganggur di komputer rumah, lebih baik TERUS MENULIS postingin nih salah satu contoh proposal kegiatan. Mudah-mudahan bermanfaat dah buat sobat TERUS MENULIS. Silakan dinikmati.




Latar Belakang
            Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, atas segala nikmat dan karunia-Nya yang selalu dilimpahkan kepada kita semua. Shalawat serta salam tercurahkan kepada junjungan dan suri tauladan kita, Nabi Muhammad SAW., beserta keluarganya, para sahabatnya, dan para pengikutnya yang istiqomah di jalan-Nya sepanjang zaman.
            Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sekarang ini sangatlah pesat. Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan IPTEK tersebut diharapkan dapat membawa kebaikan bagi seluruh umat manusia. Hal ini perlu diimbangi dengan penyediaan sumber daya manusia yang kompeten agar dapat bersaing di dunia nyata. Namun, ilmu pengetahuan saja tidaklah cukup untuk menjadi bekal kita karena kehidupan yang sesungguhnya adalah di akhirat kelak. Untuk itu, perlu dipersiapkan pula sumber daya manusia yang memiliki iman dan taqwa serta menguasai IPTEK sehingga dapat mencegah penyelewengan terhadap aplikasi dari ilmu itu sendiri yang mengakibatkan kerugian bagi orang banyak.
            Berangkat dari kesadaran inilah, kami sebagai mahasiswa yang masih dan selalu berada dalam proses belajar merasa perlu untuk memperdalam ilmu untuk menyeimbangkan antara kepentingan duniawi dan ruhiah, agar Insya Allah dapat membentuk manusia yang mampu menjadi Rahmatan lil ‘alamiin.
            Oleh karena itu, kami mengajukan usulan kegiatan Studi Islam Kreasi Matematika 2008 , yang selanjutnya disingkat DISKRET 2008, sebagai salah satu sarana pembinaan yang dilakukan ROHIS HMD Matematika bagi mahasiswa muslim Matematika.


Tujuan Kegiatan
Adapun tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah sbb:
1.      Meningkatkan kualitas iman dan taqwa kepada Allah Swt.
2.      Menciptakan suasana islami di Departemen Matematika
3.      Menjalin silaturrahim antar mahasiswa
4.      Membentuk pribadi muslim yang kompeten
5.      Membiasakan diri untuk berakhlak islami dan selalu mengisi waktu dengan hal-hal positif.

Nama Kegiatan
Nama kegiatan ini adalah “DISKRET 2008”.

Tema Kegiatan
Dalam kegiatan ini kami mengangkat tema 3T (Ta’aruf, Tafakur, Taskiyatun Nafsih).

Sasaran Kegiatan
            Sasaran kegiatan DISKRET 2008 secara umum adalah seluruh mahasiswa dan mahasiswi muslim matematika dan secara khusus ditujukan kepada mahasiswa dan mahasiswi baru (angkatan 2008) dan panitia (angkatan 2007).

Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Rangkaian acara kegiatan Diskret 2008 ini insya Allah akan dilaksanakan pada,
Waktu              :  Sabtu – Ahad, 20 – 21 September 2008
Tempat             :  Villa Brevi-Mondo, Cisarua

Bentuk Kegiatan
Kegiatan Diskret 2008 merupakan suatu rangkaian acara yang terdiri dari beberapa kegiatan utama, yaitu :
1.      Silaturrahim mahasiswa Departemen Matematika
2.      Matdis (Materi dasar Islami)
3.      Mentoring
4.      Tafakur alam
5.      Games
6.      Tilawah Al-Qur’an
7.      Tausiyah
8.      Nonton Bareng
9.      Pensil (Pentas Seni Islam)
10.    Motivation training.

Susunan Panitia (Terlampir)

Anggaran Dana (Terlampir)

Susunan Acara (Terlampir)

Penutup
            Demikianlah usulan kegiatan DISKRET 2008 ini kami sampaikan. Kepada seluruh pihak terkait, kami mengharapkan bantuannya, baik secara moril maupun materiil. Kami sangat berharap agar acara ini dapat berjalan dengan sukses serta dapat mencapai tujuan. Semoga Allah senantiasa melapangkan hati kita dan mempermudah niat baik kita. Amin.

Lembar Pengesahan
Menyetujui,

Ketua Panitia


No comments:

Post a Comment